Dulce de Leche, Bikin Segala Dessert Jadi Auto Mantap

DoyanMasak.Com,-Dulce de Leche, Bikin Segala Dessert Jadi Auto Mantap. Menurut Wikipedia Dulce de leche berasal dari bahasa Spanyol yang artinya adalah gula-gula susu. Dulce de leche bisa berupa cair atau gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu kental manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Rasanya yang mirip karamel ini yang menyebabkan ada pula yang menyebut dulce de leche sebagai susu karamel.

photo (2)

Banyak cerita mengenai asal muasal dulce de leche. Salah satu versi ada yang menyebutkan bahwa dulce de leche berasal dari abad 19. Konon di Argentina, di rumah Juan Manuel de Rosas, salah satu pembantu rumah tangga-nya sedang membuat lechada, yaitu minuman yang dibuat dari susu dan gula yang direbus hingga berubah menjadi karamel. Kemudian ada seseorang mengetuk pintu dan pembantu tersebut secara tidak sengaja lupa mematikan api ketika membukakan pintu. Setelah kembali ke dapur, susu tersebut telah hangus dan berubah menjadi dulce de leche hehehe. Apapun versi asal muasalnya, sekarang ini selai susu ini sangatlah populer yaa.

Selai susu ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pelengkap makanan lho gaes, misalnya untuk olesan roti tawar, saus pancake, filling cake atau muffin dan lain sebagainya. Untuk membuat saus pancake, cukup campurkan dulce de leche dengan air panas secukupnya kemudian panaskan di atas api sebentar saja sambil diaduk-aduk hingga lebih cair teksturnya. Nikmat dan gampang banget kok bikinnya, langsung eksekusi aja yuk!

 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kaleng susu kental manis
  • Air secukupnya untuk merebus

Cara membuat :

    • Kupas label(kertas) yang ada pada kemasan kaleng susu kental manis.
    • Masukkan susu kental manis yang masih tertutup rapat pada kaleng ke dalam panci.
    • Taruh panci yang berisi susu kental manis kaleng diatas kompor. Isi panci dengan air sampai seluruh permukaan kaleng terendam. Nyalakan api (gunakan api besar).Panci tidak perlu ditutup.
    • Ketika air mendidih/bergolak untuk pertama kalinya kecilkan api.
    • Rebus sampai 3 jam dengan api kecil
    • Setelah 3 jam matikan api. Biarkan hingga dingin. Hati-hati jangan sampai membuka kaleng ketika masih panas.
    • Dulce de leche siap dinikmati.
    • Jika air mulai berkurang,tuang air panas lagi. Jangan air dingin ya. Usahakan kaleng dalam keadaan terendam seluruhnya.Untuk lebih menghemat bahan bakar (gas) jangan rebus 1 kaleng saja,bisa 2 atau bahkan 4 kaleng susu kental manis.Apabila menginginkan dengan bentuk lebih padat (bisa dispread) waktu perebusan bisa ditambah menjadi 5 jam atau lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *