Cireng Nasi, Kriuk diluar lembut didalam

DoyanMasak.Com,-Cireng Nasi, Kriuk diluar lembut didalam. Dari segi adonan dasar dan bumbu cireng (Aci digoreng) ini pada dasarnya sama ya gaes yaitu menggunakan tepung kanji hanya saja yang unik dari cireng ini yakni penambahan nasi sisa kemarin kedalam adonannya.

Ini salah satu tips untuk memanfaatkan nasi sisa kemarin atau sisa semalam nih gaes biar ga mubazir. Ada banyak pemanfaatan nasi sisa, misalnya mulai dari yang paling umum, mudah, dan praktis yaitu dengan membuat nasi goreng. Nah sekarang kita coba manfaatkan nasi sisa untuk membuat cireng yang enak dan lembut ini yuk!

23838-cireng-ebi-pedas

Sering banget ga sih, kita udah masak banyak nasi eh gataunya nasinya masih sisa banyaak, kan saying-sayang yaa. Kalau kata orangtua jaman dulu sih nanti nasinya nangis kalo ga dimakan, nasi aja kamu bikin nangis, gimana gebetan…

Nah, Cireng goreng ini adalah makanan yang terbuat dari tepung aci rasanya yang kenyal, lembut dan empuk membuat jajajan gorengan ini termasuk disukai dan laris jika dijual, karena cireng termasuk bisa dibuat aneka kreasi dan variasi untuk bahan isiannya maupun bentuknya begitu juga dengan saus dan sambalnya, misalnya rujak cireng dengan sambal rujak atau bumbu rujak, sambal goang, dll gaes, pas banget dimakan saat ngumpul bareng sahabat-sahabat deh yaa

Daripada makin penasaran, langsung eksekusi aja yuk!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram nasi
  • 4 sdm tepung tapioca
  • 50-60ml air
  • 2 siung baput
  • 1/2 sdt merica
  • Garam
  • Kaldu jamur
  • Daun bawang iris tipis

Cara memasak:

  • Haluskan bawang putih dengan merica, garam, kaldu
  • Campurkan nasi dengan air, daun bawang dan bumbu halus. Tambahkan tepung tapioka.
  • Bentuk bulat pipih kemudian goreng cireng dengan api kecil hingga matang. .
  • Bisa tambahkan sambal kecap untuk cocolan cireng.

Leftover rice no more, selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *