Menu Buka Puasa Enak dan Mudah: Mini Cheese Donut, Dijamin Bikin Nagih!

DoyanMasak.Com,-Menu Buka Puasa Enak dan Mudah: Mini Cheese Donut, Dijamin Bikin Nagih! Yang namanya donat pasti identik banget dengan rasa manis ya gaes, entah itu frosting ataupun lelehan cokelat, donat sudah jadi salah satu penganan favorit keluarga yaa.

Tapi, pernah dengar ga sih kalian donat dengan rasa asin? Wah gimana jadinya tuh ya. Pada dasarnya adonan donat ini fleksibel lho gaes. Hampir sama dengan pizza yang bisa ditambah topping sesuai selera, donat pun ga jauh beda lho.

29438-kreasi-mini-cheese-donut-ini-sanggup-bikin-keluarga-ketagihan

Untuk kamu yang suka banget sama keju, duh cocok banget ini mah. Semua makanan yang diberi keju kayaknya lagi hits ya, abis emang enak sih. Donat ini pas lho kamu buatin untuk adik atau ponakan yang baru belajar puasa sebagai reward, pasti mereka happy dan tambah semangat deh puasanya.

Penasaran? Langsung eksekusi aja yuk!

 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 350 gram tepung terigu protein tinggi
  • 150 gram kentang kukus, haluskan
  • 35 gram gula pasir
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • 100 ml air es
  • 30 gram margarine
  • 1 sendok teh garam
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Celupan Keju:

  • 150 ml susu cair
  • 12 lembar smoked cheese

Taburan:

  • 1 sendok teh paprika bubuk

Cara membuat:

  • Campur tepung terigu, kentang, gula, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata.
  • Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  • Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 15 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  • Pipihkan sedikit adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur sedikit tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
  • Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.
  • Celupan keju, campur susu cair dan smoked cheese. Aduk hingga larut.
  • Sajikan donat setelah dicelupkan ke dalam celupan keju. Ayak paprika bubuk di atas donat.

Nggak begitu susah kan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *