Menu Buka Puasa Mudah dan Enak: Nasi Hainan, Cuma Modal Rice Cooker Doang

DoyanMasak.Com,-Menu Buka Puasa Mudah dan Enak: Nasi Hainan, Cuma Modal Rice Cooker Doang. Nasi Hainan merupakan salah satu kuliner yang berasal dari negara tetangga yaitu Singapura. Biasanya nasi Hainan banyak dijual di tempat makan atau restoran-restoran yang bernuansa Chinese. Namun sekarang nasi Hainan dapat di nikmati oleh semua kalangan, karena memiliki cita rasa yang lezat. Membuat nasi Hainan tidaklah sulit,seperti memasak nasi pada umumnya hanya saja ditambahkan dengan kuah kaldu ayam supaya banyak minyak yang menempel pada nasinya.

chickenrice1

Kamu yang udah kangen kelezatan nasi Hainan ala restoran, kenapa nggak nyediain kuliner ini untuk menu buka puasa aja gaes, caranya gampang banget kok, pake rice cooker doang!

Langsung eksekusi aja yuk!

Bahan yang dibutuhkan :
•    1 ekor ayam kampung
•    8 siung bawang putih
•    2 ruas jari jahe
•    3 sendok makan minyak wijen
•    1 sendok makan garam
•    250 gram beras
•    1 cangkir air hangat
•    1 ½ sendok mentega
•    Merica secukupnya
•    1 buah cabe rawit hijau
•    1 sendok makan kecap manis
•    2 sendok makan kecap asin

Cara Membuat:

  • Haluskan bawang putih dan jahe.
  • Tumis bawang putih dan jahe yang telah di haluskan dengan menggunakan mentega sampai tercium aroma wangi.
  • Masukan ayam dan aduk-aduk hingga rata (semua daging ayam tercampur dengan bumbu).
  • Masukan 1 gelas air lalu tutup dan biarkan kira-kira 5-10 menit.
  • Dinginkan daging ayam selama 10 menit,agar ketika di campur dengan beras tidak membuat beras cepat matang.
  • Cuci bersih beras,lalu masukan seluruh daging ayam dan air ke dalam beras.
  • Tambahkan air panas secukupnya seperti memasak nasi biasa lalu masukan minyak wijen dan lada,aduk-aduk hingga rata.
  • Nyalakan rice cooker dan tunggu nasi sampai matang.
  • Sebagai pelengkap nasi bisa di tambahkan kuah yang terdiri dari campuran kecap manis,kecap asin dan cabe.
  • Jika nasi telah matang sajikan bersama kuah tersebut dan hidangkan disaat nasi masih hangat.

Nahh gampang banget kan, gausah ribet-ribet lagi karena masak pake rice cooker itu udah praktis banget, selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *