Diet Menu: Overnight Oats, Sarapan Simpel Untuk Diet Cepat!

DoyanMasak,Com,-Diet Menu: Overnight Oats, Sarapan Simpel Untuk Diet Cepat! Sarapan merupakan aktifitas yang semestinya menjadi priotitas di pagi hari. Namun sering diabaikan oleh sebagian orang dengan alasan tidak sempat atau karena memang tidak bisa sarapan. Padahal sarapan memiliki segudang manfaat untuk menunjang aktifitas kita seharian. Otak biasanya lebih fresh dan cepat ketika diajak berfikir jika sarapan kita tepat. Yuk mari kita sempatkan untuk sarapan pagi supaya nggak lola.

overnight-oats-2-vegan

Ada solusi nih bagi kalian yang suka skip sarapan dengan alasan buru-buru gaes. Bikinnya gampang dan cepet, dimakannya juga nggak ribet. Tapi nutrisi dan manfaatnya luar biasa. Bikin kenyang tapi nggak menyebabkan kantuk karena nggak berat.
Yap, overnight oats jawabannya. Kenapa dinamai dengan embel-embel overnight? Karena ia dibiarkan semalaman di kulkas sebelum disantap.

overnight oats ini banyak manfaatnya lho gaes, diantaranya adalah:

oats yang direndam dengan susu semalaman tanpa perlu dimasak dengan kompor akan membuatnya lebih mudah dicerna dan lebih banyak gizinya. Dalam perendaman tadi, toxin dan anti-nutrients akan diuraikan. Anti nutrients biasanya ada di semua produk gandum atau padi-padian. Anti nutriens ini bisa dengan cepat memblokade penyerapan mineral dalam usus, sehingga dapat menyebabkan kembungnya lambung bagi yang memiliki masalah pencernaan. Dengan pemrosesan seperti saat pembuatanovernight oats, yakni direndam dalam susu semalaman, maka nutrisi yang kita dapatkan jauh lebih banyak karena anti nutrients dan toxin-nya sudah terurai. Kalori yang didapat juga dua kali lipat dari pada mengkonsumsi oats yang dimasak.

oats memiliki kadar serat yang sangat tinggi. Secangkir oats setara dengan satu buah apel namun terbukti membuat rasa kenyang lebih lama dibanding menu sarapan lain. Kalau saya biasanya masih lapar lagi dan makan sarapa kedua sekitar pukul 10:30 jika mengkonsumsi oats sekitar pukul 07:30. Teman-teman saya sih biasanya tahan sampai jam makan siang. Pada dasarnya saya memang cepat lapar.

-makanan yang kaya serat seperti oats ini mampu menurunkan kadar koleterol dan menyehatkan jantung karena mengandung senyawa lignan.

raw oats mengandung tiamin, zat besi, zinc, magnesium, fosfor dan selenium. Tiamin membantu mengubah makanan menjadi energi, zat besi membantu membentuk sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selenium dan mangan bertindak sebagai antioksidan untuk membatasi kerusakan sel, dan magnesium, zinc dan fosfor bermanfaat untuk pembentukan DNA.

-cocok untuk yang diet. Baik diet untuk menurunkan berat badan maupun diet menjaga asupan makanan dan nutrisi.

Penasaran, yuhuu eksekusi langsung yuk!

 

Bahan yang dibutuhkan:

  • Toples kecilyang bisa ditutup rapat
  • Oats
  • Corn Flakes
  • Susu secukupnya
  • Kacang-kacangan. Bisa almond, kenari, atau kacang mete.
  • Strawberry3 pcs, potong kecil-kecil

Cara membuat:

  • Bersihkan topleshingga kering.
  • Taburi sedikit kacang, kismis, cornflakes.
  • Masukkan oatssecukupnya, taburi lagi sedikit kacang dan kismis
  • Tuangkan susu coklat, perbandingannya 1:1. Jadi kalo oatsnya udah 3/4 toples, usahakan si susu sama rata, jangan terlalu banjir.
  • Miringkan toples, sedikit aduk juga boleh. Yang penting terplihat si susu grab semua oats, jangan ada yang kelihatan gak ketutup susu.
  • Setelah susu merata, taburi dengan stroberi, kacang-kacangan, cornflakes, quaker biscuit yang diancurin, kismis
  • Masukkan kulkassemalaman (jangan di freezer)
  • Kalo mau taburannya gak jadi terlalu loyo, si stroberi, kacang, cornflakes, biscuit, bisa ditaburin pas paginya, jadi gak ikut masuk kulkas
  • Besok paginya jadi deh!

Sarapan buru-buru tidak pernah senikmat ini gaes, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *