Diet Menu: Karedok Sehat, Pas Buat Diet Low Carb

DoyanMasak.Com,-Diet Menu: Karedok Sehat, Pas Buat Diet Low Carb. Karedok, mungkin adalah salah satu makanan favorit banyak kalangan khususnya orang sunda yaaa. Banyak juga yang bilang kalau karedok itu saladnya orang Indonesia, iya dong kan semua sayurnya mentah, ditambah dressing peanut butter sauce gitu kan, hehehe.

karedok1

Tapi nggak berani juga ya sembarangan beli karedok, karena semua sayurnya mentah, tentu harus diperhatikan kebersihannya, sebelum di potong-potong dan di bumbui.

Bikin sendiri, lebih puas, karena memilih sayur di pasar, mencuci, mengolah, dan memakan sendiri, mau sepedes apapun, semanis apapun, segede apapun porsinya, urus sendiri. Asik dan  senang banget nih menguleg dan menggunakan cobek besar, meski tangan pegel, tapi puaaas dan ilang pegelnya setelah makan.

Semua sayur harus di cuci bersih beberapa kali, baru di potong-potong. Biar higienis dan diet low carb kamu tetap jalan paripurna.

Daripada penasaran, langsung eksekusi aja yuk!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah Ketimun, potong kecil-kecil
  • 2 genggam Tauge, aku lebih memilih tauge pendek
  • 4 lembar kol, buang tulang daunnya, iris halus
  • 6 helai Kacang panjang, potong kecil-kecil 1cm, biar tak terlalu susah mengunyahnya
  • 1 genggam Daun kemangi, lepas daun dari batangnya
  • 2 Terong lalap (terong bulat), potong kecil-kecil
  • Kerupuk kanji/kerupuk kampung

Bumbu kacang:

  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt terasi matang
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas besar kencur, kira-kira seruas jempol
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 1 genggam kacang tanah sangrai
  • 1 genggam mede sangrai
  • 4 mata asam jawa, di rendam dengan air matang

Cara membuat:

  • Haluskan bumbu : terasi, cabe, kencur, bawang, daun jeruk dan garam. Paling sedep, menghaluskan dengan cobek batu, bukan blender.
  • Masukkan kacang dan kacang mede, gula merah, lalu tambahkan air asam.
  • Uleg sampai rata.
  • Campurkan semua sayur, aduk rata
  • Sajikan dengan kerupuk kanji

Gampang, mudah, murah lagii, selamat mencoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *