Diet Menu: Granola Bars, Ringkas Dibawa Untuk Menu Diet Cepat

DoyanMasak.Com,-Diet Menu: Granola Bars, Ringkas Dibawa Untuk Menu Diet Cepat. Granola adalah makanan yang disajikan saat makan pagi atau sebagai makanan kecil yang terkenal di Amerika Utara. Makanan ini terbuat dari oatmeal, kacang-kacangan, madu, dan terkadang beras yang telah di panggang hingga crispy seperti pop corn. Biasanya granola di panggang hingga renyah dan selama proses pemanggangan campuran ini di aduk agar masing-masing bahan tetap tercerai berai. Buah-buahan kering seperti kurma dan kismis terkadang juga ditambahkan ke dalamnya. Selain untuk sarapan, kerap kali granola dimanfaatkan sebagai bekal bagi mereka yang sedang hiking, camping atau melakukan perjalanan jauh lainnya. Untuk mempermudah saat membawanya maka granola lantas dibentuk menjadi batangan-batangan yang padat. Ini disebut dengan granola bars. Granola bars pertama kali ditemukan oleh Stanley Mason dan menjadi makanan populer di US, Kanada, sebagian negara Eropa, Brazil, Afrika Selatan dan Jepang.

Apple-Pie-Granola-Bars_2

Akhir-akhir ini makanan ini juga mulai merambah ke India dan Asia Tenggara. Sebenarnya proses pembuatannya sangat mudah, bahan-bahan yang digunakan juga bervariasi tergantung dari persediaan yang anda miliki di rumah. Kalian bisa mengikuti bahan atau menggunakan kreatifitas anda sendiri, hanya saja lebih baik gunakan bahan yang tidak melenceng dari tujuan awal yaitu snack sehat. Kalian juga bisa menggunakan oatmeal, tepung gandum utuh; kurma, kismis, cranberry, apricot, prune dan buah-buah kering lainnya; kacang-kacangan sehat seperti almond atau kacang Brazil; biji-bijian seperti wijen sangrai, biji bunga matahari, biji labu

Kendala terbesar membuat granola bars adalah masalah kue hancur saat akan dipotong menjadi potongan kecil. Tips untuk menghindari retak pada kue adalah jangan memotongnya menjadi potongan yang terlalu kecil dan gunakan potongan buah kering atau kacang-kacangan dalam ukuran yang kecil. ]

Langsung eksekusi saja yuk!

 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 130 gram oatmeal instan
  • 30 gram tepung oatmeal (haluskan oatmeal menggunakan blender)
  • 370 gram campuran kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering (saya menggunakan biji bunga matahari, biji labu (kwaci), cranberry kering dan apricot kering)
  • 70 gram selai kacang (peanut butter)
  • 80 gram minyak zaitun atau minyak goreng atau mentega/margarine cair
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 ml madu
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan air

Cara membuat:

  • Siapkan oven, panaskan di suhu 180’C. Letakkan loyang di tengah rak. Siapkan 2 buah loyang masing-masing dengan ukuran 20 x 20 cm. Alasi loyang dengan kertas minyak dan oles bagian sisi-sisinya dengan mentega. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk, masukkan oatmeal, tepung oatmeal, campuran buah kering dan biji-bijian atau kacang jika ada, aduk rata. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk kecil lainnya, masukkan minyak zaitun, selai kacang, madu, gula, garam dan air, aduk rata hingga menjadi larutan yangsmooth. Tuangkan larutan minyak madu ke atas bahan kering, aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang lembab.
  • Bagi adonan menjadi dua bagian, tuangkan 1/2 bagian adonan ke loyang. Ratakan dan tekan-tekan adonan hingga menjadi sangat padat. Proses ini sangat penting agargranola menjadi padat dan tidak buyar saat dipotong
  • Lakukan pada sisa adonan lainnya menggunakan loyang yang lain. Jika adonan telah padat masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 25 – 30 menit atau hingga permukaangranola bars mulai berwarna kecoklatan. Keluarkan dan dinginkan.
  • Masukkangranola bars ke dalam kulkas selama semalam agar kue benar-benar keras dan mudah dipotong.
  • Siapkan meja datar atau talenan, balikkan loyang. Buang kertas di dasar kue dan potong-potong kue menggunakan pisau yang benar-benar tajam. Ukurannya sesuai keinginan kalian.
  • Untuk menghindari kue hancur jangan potong dengan ukuran yang terlalu kecil, semakin besar semakin baik. Bungkus masing-masing kue dengan plastik dan simpan di kulkas.

Sehat banget untuk bekal kantor atau ngampus nih, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *