Diet Menu: CocoGurt, Yogurt Dari Santan Kelapa Yang Pas Untuk Diet Meal Plan

DoyanMasak.Com,-Diet Menu: CocoGurt, Yogurt Dari Santan Kelapa Yang Pas Untuk Diet Meal Plan. Apa sih Cocogurt?  Cocogurt adalah santan yang fiermentasikan menggunakan bakteri asam lakatat yang bersifat prebiotik, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Sebelum kita ngebahas Cocogurt ada sedikit penjelasan nih tentang yoghurt. Kata yogurt berasal dari bahasa turki yaitu yoḡurt. Dari kata yoḡun yang berarti padat dan tebal. Sebuah produk dikatakan yogurt, hanya jika bakteri hidup didalam produk akhir, produk yang dipasteurisasi dan tidak terdapat bakteri hidup dinamakan susu (minuman)fermentasi.

Yogurt dibuat dengan menambahkan bakteri spesifik kedalam susu dibawah control suhu dan kondisi lingkungan. Bakteri mencerna gula susu dan melepaskan asam laktat sebagai hasil buangan. Keasaman yang meningkat mengakibatkan protein susu menggumpal. Meningkatnya keasaman (pH 4.0-5.0)  juga mencegah proliferasidan bakteri pathogen yang potensial.

Yoghurt merupakan suatu produk hasil olahan susu dengan bakteri fermentasi susu.Yoghurt memiliki aroma dan tekstur khas dari hasil fermentasi bakteri laktosayang menghasilkan asam laktat.

Pada umumnya, bahan dasar untuk membuat Yogurt adalah susu sapi, tapi saat ini sudah ada beberapa macam Yoghurt yang menggunakan bahan dasar susu kedelai.

Pembuatan yoghurt dimulai dengan proses fermentasi oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles. Kedua macam bakteri tersebut berfungsi untuk mengubah laktosa jadi asam laktat dan membuat Yoghurt memiliki rasa asam. Dengan adanya proses fermentasi, kadar laktosa yang ada pada yoghurt dapat dikurangi hingga aman untuk dikonsumsi baik oleh para kaum lansia maupun orang yang memiliki alergi dengan susu, sehingga mereka juga dapat merasakan manfaat yoghurt.

Yoghurt dapat membuat pencernaan lebih sehat. Yoghurt mampu mengatasi diare. Yoghurt bermanfaat untuk mencegah infeksi vagina dengan menghambat perkembangan jamur, karena yoghurt mampu mengurangi tingkat keasaman (pH). Yoghurt dapat mencegah resiko terserang darah tinggi. Yoghurt dapat mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin D dan kalsium. Yoghurt mengandung berbagai zat yang bergizi yang sangat berguna untuk mencegah kanker.

Terusannya, kita bahas dikit tentang kelapa ya.. Kenapa kelapa bisa dijadikan bahan dasar yoghurt ya??

IMG_9475

antan kelapa adalah suatu cairan yang didapatkan dengan cara pengepresan parutan kelapa dengan air atau tanpa air. Santan kelapa adalah cairan seperti susu yang diekstrak dari daging kelapa yang sudah matang. Santan memiliki sifat fisik dan komposisi yang mirip dengan susu sapi, yaitu bisa dibuat bubuk atau tepung.

Santan harus didinginkan dan tidak boleh didiamkan di suhu ruangan, karena santan dapat berubah menjadi asam dengan mudah.secara alamiah santan dapat rusak dengan cepat dan hanya bertahan 24 jam karena kandungan air, protein, lemak merupakan tempat pertumbuhan mikroba.

Wah kalo snacknya yang enak begini terus mah diet plan meal pasti sukses lah yaaa, langsung eksekusi aja yuk!

Bahan yang dibutuhkan:

  • santan kelapa 1 liter (dari 2 butir kelapa)
  • susu skim 10 % dari jumlah santan (0,1 liter)
  • bibit (starter) campuran dari biakan L. bulgaris dan S. thermophilus dengan perbandingan 1:1, sebanyak 3 % dari campuran santan dan susu skim (dapat diperoleh di Balai Pengolahan Hasil Ternak dan apotek)

Peralatan:

  • parutan
  • panci
  • pengaduk (blender/mixer).
  • inkubator (ruangan yang bersih)

Cara Pembuatan:

  • Parut daging buah kelapa tersebut, ambil santannya sebanyak 1 liter dan tampung dalam panci.
    Campurkan susu skim untuk meningkatkan kekentalan, aroma, keasaman, dan protein.
  • Aduk campuran bahan tersebut hingga merata. Sebaiknya menggunakan blender/mixer agar bahan benar-benar tercampur.
  • Selanjutnya rebus bahan tersebut pada suhu 72° C selama 15 menit.
  • Bahan yang sudah dipanaskan tadi kemudian didinginkan sampai suhunya sekitar 43° C, lalu tambahkan starter.
  • Selanjutnya adonan di inkubasi (diperam) dalam inkubator selama 4-6 jam. Jika tidak ada inkubator, pemeraman juga dapat dilakukan dalam kamar atau ruangan yang bersih selama 12 jam.
  • Setelah pemeraman maka bahan tersebut telah menjadi yoghurt dan siap untuk dikonsumsi.
  • Jika yoghurt akan disimpan, sebaiknya disimpan pada suhu 4-10 derajat celcius.

Ternyata nggak susah-susah amat yaa, selamat mencobaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *