Masakan Pedas Enak: Pastel Goreng Pedas, Bikin Bibir Dowerr

DoyanMasak.com,-Oke Google, Masakan Pedas Enak: Pastel Goreng Pedas, Bikin Bibir Dowerr. Kalen pasti familiar sekali dengan jajanan ini, biasanya, makanan gurih ini setia nonkrong manis dipojokan kotak kue dan selalu jadi rebutan kakak beradek nih.

Kan sekarang udah pada gede ceritanya, ee malu dong masa masih rebutan aja. Lebih baik bikin sendiri yuk, Pastel goreng pedas yang mantap banget.

cara-membuat-pastel

Eh, tapi kamu tahu nggak? Pastel itu punya banyak sekali julukan lho, salah satu yang paling terkenalnya adalah  empanada, yaitu roti isi atau pastry panggang atau goreng di banyak negara di Amerika LatinEropa Selatan, dan bagian dari Asia Tenggara. Namanya berasal dari kata kerja empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti. Empanada dibuat dengan melipat adonan patty atau roti disekitar isian. Isian dapat terdiri dari antara lain berbagai daging, keju, huitlacoche, sayuran atau buah-buahan.

Makanan ini dibawa ke Amerika Latin dan Filipina oleh kolonial Spanyol, dan ke Indonesia oleh Portugis, dimana mereka tetap populer hingga saat ini. Empanadas di Amerika Latin, Filipina, dan Indonesia memiliki variasi isian

Di Indonesia empanda lebih ini dikenal sebagai panada atau pastel (makanan). Dalam versi Sulawesi Utara, dipanggil panada, memiliki kerak tebal yang terbuat dari roti goreng dan diisi dengan pedas tuna dan cabai. Versi lain yang pedas, disebut pastel, memiliki kerak tipis membuatnya lebih renyah dan tambahan isian biasanya terbuat dari kentang potong dadu, wortel, daun bawang, ayam, bawang putih, dan lada putih beberapa orang ditambahkan soun. Sebuah versi kurang umum juga dapat ditemukan, diisi dengan ayam kari dan/atau kentang dengan satu telur puyuh.

Versi lain dari pastel adalah pastel tutup. memiliki tambalan sama seperti pastel tetapi dalam kue membentuk Sama seperti ayam kue panci hanya dengan kerak tebal lembut terbuat dari kentang tumbuk. pastel tutup dipanggang, bukan digoreng.

Uhuy, gimana, enak kan? Langsung eksekusi aja yuk!

Bahan yang dibutuhkan:

Kulit pastel:

  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr mentega, cairkan
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  •  Air secukupnya

Isian:

  • 3 buah wortel ukuran sedang potong dadu
  • 3 buah kentang ukuran sedang potong dadu
  • 1 potong tahu potong dadu lalu digoreng sebentar
  • 1 butir telur
  • Secukupnya mayonais untuk melelehkan isian
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 25 biji cabe keriting/sesuai selera, haluskan
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • Secukupnya garam gula merica
  • Minyak goreng untuk menumis dan menggoreng

Cara membuat:

  • Buat adonan kulit, campur semua lalu uleni sampai kalis
  • Setelah kalis diamkan sebentar
  • Isian: Potong-potong  semua bahan
  • Tumis bawang merah bawang putih sampai kecoklatan masukkan telur lalu orak arik sebentar
  • Masukkan wortel dan kentang aduk rata kemudian masukkan air secukupnya biarkan sampai air berkurang dan bahan-bahan telah lunak
  • Masukkan garam gula merica secukupnya kemudian tambahkan tepung tapioka, aduk sebentar
  • Masukkan cabai yang sudah dihaluskan, aduk aduk sebentar biar bumbu menyatu, jika sudah matang angkat
  • Giling adonan hingga tipis, kemudian cetak menjadi lingkarang ukuran sesuai selera
  • Taruh isian di tengah-tengah adonan dan tambahkan mayonais kemudian lipat adonan, tekan pinggir adonan dengan garpu saja agar lebih mudah dan lebih cepat.
  • Setelah semua adonan dan isian sudah selesai diamkan dulu sekitar 15-20 menit sampai mengembang
  • Panaskan minyak goreng dengan api kecil goreng adonan hingga kecoklatan, angkat dan sajikan.

Selamat mencoba gaes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *