Makanan Paling Pedas dan Enak: Combro Setan, Gurih-Gurih Pedas Cihuy!

DoyanMasak.Com,-Makanan Paling Pedas dan Enak: Combro Setan, Gurih-Gurih Pedas Cihuy! Tau camilan combro kan? Combro setan merupakan salah satu resep masakan yang berasal dari sunda, tepatnya kota Bandung. Yah, si combro ini bukan hanya terkenal di Jawa Barat aja sih, di berbagai daerah se Indonesia juga rata-rata mengenalnya gaes.

Resep-combro-masakan-lezat
Penamaan atau sebutan untuk kue renyah yang terbuat dari singkong ini pun beraneka ragam. Dari sebutan comro, combro, dan gemet. Kok kaya gebetan ya, gemet-gemet gimana gitu, hahahaha.

Combro merupakan makanan yang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, mungkin karena itulah makanan khas bandung ini dinamai combro.

Sekedar untuk info aja nih gaes, mengenai nama lain dari combro yaitu gemet juga merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama dengan oncom di jero. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.
Gurihnya singkong ketika di parut dan di beri isian oncom dengan bumbu dapur khas nenek moyang kita merupakan perpaduan yang tidak akan terlupakan deh. Rasanya sangat nikmat dan menggoda lidah, gurih-gurih pedas cihuy gitu deh.

Bukan hanya rasanya yang lezat, combro juga kaya akan protein, vitamin dan juga berkarbohidrat. Selain itu, rasanya yang pedas, tentunya nanti akan membuat siapapun pasti ketagihan memakan combro ini deh.

Penasaran? Langsung eksekusi aja yuk!

 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg singkong, parut hingga halus
  • 1 batang daun bawang, diiris-iris kecil
  • 100 gram kelapa
  • 2 sendok makan tepung sagu/kanji
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isian Combro Setan :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 250 gram oncom (ditumbuk halus)
  • 1 batang daun bawang (dirajang kecil)
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 4 buah cabe merah
  • Gula pasir sedikit
  • Garam secukupnya

Tips Sebelum Membuat Combro Setan:

  • Agar nantinya combro tidak pahit, peras parutan singkong yang mengandung tepung kanji/tapioka.
  • Sebaiknya gunakan minyak yang baik agar hasilnya maksimal.
  • Bunda bisa menggunakan kain tipis untuk bantuan dalam memeras parutan.
  • Air yang tersaring bisa bunda jadikan tepung kanji/pati telo (jawa) dengan cara didiamkan dan dibaung airnya ketika sudah mengendap di bawah.

Cara Membuat:

  • Kupas singkong, lalu cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Parut singkong yang sudah dibersihkan, kemudian peras airnya. Ambil singkong dan buang airnya. Parut juga kelapa tua, lalu campurkan dan uleni.
  • Tambahkan dengan tepung sagu atau kanji, irisan daun bawang dan garam secukupnya. Kemudian aduk adonan hingga merata. Tiriskan kembali, dan buang airnya.
  • Di wadah lain, haluskan bahan isi combro, seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Setelah halus, tumis hingga tercium wangi. Lalu campurkan dengan merica, oncom, garam, gula pasir dan daun bawang, kemudian tumis hingga tercampur merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  • Sementara itu untuk membuat combro, ambil adonan singkong yang dicampur dengan kelapa tadi sebanyak sekepal tangan, lalu pipihkan dan tambahkan bahan isi combro tadi. Gulung adonan hingga tertutup rapat, dan bentuk adonan hingga berbentuk lonjong.
  • Langkah terakhir goreng adonan yang sudah dibentuk lonjong tadi ke dalam wajan.

Dimakan rame-rame pasti mantep deh, selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *