Korean Food, Injeolmi, Kenyalnya Bikin Happy

DoyanMasak.com,-Korean Food, Injeolmi, Kenyalnya Bikin Happy. Penganan bertekstur kenyal memang mempunyai daya tarik tersendiri ya gaes, sensasi lengket-lengket dimulut itu justru salah satu hal yang bikin kita ketagihan. Mau tau apa cemilan khas Korea yang lengket bin nagihin itu? Injeolmi!

injeolmiplate
Foto: Mangchii

Injeolmi yang dibuat dari beras ketan ini sangat disukai oleh masyarakat Korea baik anak-anak maupun orang dewasa. Nama Injeolmi berasal dari cara membuatnya, yaitu menarik dan memotong adonan beras ketan. Berlainan dengan Tteok lain yang dibuat dari tepung beras atau beras ketan, Injeolmi dibuat dengan menumbuk nasi dari beras ketan dalam lesung lalu ditaburi dengan bubuk kacang-kacangan.

Biasanya beras ketan saja yang dipakai namun kadang-kadang dicampur dengan kurma Korea dan Ssuk atau tumbuhan liar yang berwarna hijau dan berasa agak pahit untuk memberi warna dan perubahan pada Injeolmi. Injeolmi yang dicampur dengan bahan lain memiliki nama masing-masing sesuai dengan bahan tambahannya. Misalnya dengan kurma memiliki nama Daechu Injeolmi dan dengan Ssuk disebut Ssuk Injeolmi. Kacang-kacangan yang dipakai biasanya kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, wijen, dan sebagainya. Kue basah ini ditemukan hampir di seluruh Korea dan dimakan sepanjang tahun. Dan Injeolmi tidak pernah tidak disajikan pada saat jamuan makan apa saja.

Jadi sejarah singkatnya, jaman dulunya nih gaes pada masa dinasti Joseon saat kerusuhan terjadi di Istana, Raja Injo melarikan diri ke sebuah benteng di daerah Gongju provinsi Chungcheong Selatan untuk menyelamatkan hidupnya. Karena begitu haus dan kelaparan, sang Raja akhirnya pingsan. Seorang gadis yang melihat kejadian tersebut langsung membuat tteok (kue beras) yang ditaburi kacang kedelai. Setelah terbangun, raja langsung menyantap tteok tersebut. Saat itu pula kerusuhan di Istana telah berakhir.  Raja pun kembali ke Istana dengan selamat, tetapi sang raja tidak bisa melupakan rasa dari tteok yang dibuat gadis yang telah menolongnya. Koki istana pun diperintahkan untuk membuatnya, namun tak ada seorang pun yang tahu nama dan rasa tteok yang dimaksud Raja. Beberapa hari kemudian, para bawahan Raja mengetahui nama keluarga gadis itu, yaitu “Im”. Akhirnya, tteok tersebut diberi nama “Imjeolmi” yang memiliki arti “Tteok yang dibuat gadis bernama “Im”. Tetapi karena sulit untuk dilafalkan “Imjeolmi” diganti menjadi “Injeolmi”.

 

Wahh, ternyata ada sejarah unik ya dibalik penganan sedap ini, langsung kita eksekusi saja yuk!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram Beras Ketan (cuci bersih dan rendam selama setengah hari)
  • 1 sendok teh Garam
  • 1 sendok makan Gula Pasir
  • 100 gram bubuk Kacang Kedelai

Cara membuat:

  • Kukus beras ketan sambil sesekali diaduk.
  • Setelah beras ketan matang, tumbuk hingga menjadi adonan bertekstur lengket.
  • Kemudian tarik adonan tersebut dan potong kotak sekitar 3 cm.
  • Campurkan garam dan gula pasir dengan bubuk kacang kedelai.
  • Taburi beras ketan tadi dengan campuran bubuk kacang kedelai hingga merata.

Sekilas sih mirip mochi ya, caranya mudah ternyataa, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *