Soto Ambengan Malang

DoyanMasak.com,- Untuk yang tinggal di Malang atau pernah berlibur ke Malang, pasti sudah tidak asing dengan hidangan soto ayam ambengan yang berlokasi di Jl.Pattimura kota Malang.

Foto: Ist/net

Rasa kuah soto yang segar dan berpadu dengan koya yang gurih dan nikmat cocok sekali untuk jadi hidangan makan malam atau hidangan saat berkumpulnya keluarga besar.

Kan nggak mungkin juga ya, saat kita ingin makan soto ambengan ini dan harus jauh-jauh dulu ke Malang atau Surabaya. Karena DoyanMasak.com punya resepnya, eksekusi ini didapur rumah bisa banget dilakuiin.

Yah siapa tau aja kamu bisa bikin Mama makin kaget karena anaknya makin hari makin jago masak kan, hehehehe.

Masih seputar parade soto, resep ini nggak kalah fenomenal kok, layak banget untuk mampir dilidah kamu saat ini juga. Penasaran? Yaaaasss mari segera eksekusi!

Bahan-bahan:

  • 1/2 ekorAyam, rebus
  • 5 L air
  • 2 lbrDaun Salam
  • 2 lbrDaun jeruk
  • 1 batangSereh, geprek
  • 1 batangDaun bawang,iris-iris
  • 1 batangDaun seledri, iris-iris
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 2 sdmMinyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 3 siungBawang Putih
  • 4 siungBawang merah
  • 1 ruasKunyit
  • 1 ruasJahe
  • 2 butirKemiri
  • 1 sdtKetumbar

Bahan Koya:

  • Kerupuk Udang sesuai selera, goreng
  • 2 siungBawang putih, geprek, goreng sebentar

Bahan pelengkap:

  • Soun secukupnya
  • Kol iris memanjang
  • Tauge, rendam dengan air panas
  • Tomat, potong persegi
  • Telur rebus
  • Perkedel
  • Sambal dan jeruk nipis jika suka

 

Cara membuat:

  • Rebus ayam didalam air mendidih hingga daging ayam empuk. Simpan kaldunya.
  • Goreng ayam yang telah direbus sebentar hingga berkulit, suwir sesuai selera.
  • Siapkan air kaldu rebusan ayam. Sisihkan
  • Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh. Aduk rata, masak hingga bumbu matang.
  • Tuang tumisan bumbu ke air kaldu yang sedang direbus, tambahkan garam, gula dan lada.
  • Tes rasa, masak hingga mendidih. Matikan api, taburi dengan irisan daun bawang dan seledri.
  • Koya : blender kerupuk udang dan bawang putih goreng.
  • Sajikan soto ambengan dengan bahan pelengkap dan koya.

Biar kelihatannya bahannya segambreng ternyata cara membuatnya tidak seribet yang kita kira ya gaes, boleh dicoba nih untuk acara weekend bareng keluarga 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *