Mini Sweet Potato Pie, si Klasik Dalam Sekali Gigit

DoyanMasak.com,-Masih seputar Thanksgiving nih gaes, salah satu makanan pencuci mulut atau dessert yang paling populer dihari Thanksgiving adalah sweet potato pie!.

 

Mini Sweet Potato Pie, si Klasik Dalam Sekali Gigit

Foto: Ilmi

 

Yup sweet potato pie atau yang lebih kita kenal sebagai Pie ubi kuning ini memang jadi penganan favorit saat hari penuh syukur itu gaes, mungkin kalau disini kayak semacam kue nastar atau kastengel gitu yaa, jadi rebutan setiap generasi, hehehe.

Salah satu hal yang dianggap paling tricky saat membuat pie adalah cara membuat adonan kulit pienya. Memang sih, kalau cara membuatnya tidak benar kuilt pie akan terasa keras dan kurang terasa menteganya ya. Makan pie tapi nggak krius-krius gitu kan kurang meriah yaa.

Daan kalau kamu mau nyicipin hidangan khas Thanksgiving ini tapi ogah ribet dan nggak punya Loyang pienya, jangan khawatiir. Resep mini sweet potato pie ini gampil dan enak banget, nggak perlu alat apa-apa, kecuali oven yaa tentunya.

Pokoknya, mini sweet potato pie ini memang DoyanMasak.com pilihkan khusus untuk kamu yang ingin hidangan simpel tapi maknyusnya nggak ketolongan. Filling ubi kuning yang manis dan lembut dibalut dengan kulit pie yang renyah dan kerasa banget susunya, aduuuh, mending langsung kita eksekusi aja deh yaa!

 

Bahan & Cara Membuat Mini Sweet Potato Pie, si Klasik Dalam Sekali Gigit

 

Bahan yang diperlukan:

Bahan pie crust:

  • 350 gram tepung terigu protein sedang atau serbaguna
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula bubuk
  • 225 gram mentega/margarine, masukkan kekulkas hingga dingin dan keras, potong-potong ukuran 2 x 2 cm
  • 50 – 80 ml air es

Bahan Filling Pie

  • 2 buah ubi kuning, kukus dan lumatkan
  • 3 sdm mentega
  • 2 butir telur
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • ½ sdt bubuk kayu manis
  • ½ sdt bubuk pala
  • ¼ sdt bubuk cengkeh
  • ¼ sdt bubuk jahe
  • ¼ sdt garam
  • ¼ cup brown sugar
  • ¼ cup gula

Cara membuat:

Kulit pie:

  • Siapkan mangkuk ukuran besar, masukkan tepung terigu, garam, gula bubuk, aduk rata dengan spatula. Kemudian masukkan mentega/margarine dingin, aduk atau tutupi permukaan mentega/margarine dengan tepung.
  • Dengan menggunakan garpu, cacah-cacah mentega/margarine bersama dengan tepung terigu hingga mentega dan tepung membentuk butiran-butiran kasar.Biarkan mentega/margarine dengan butiran sebesar kacang tanah. Jangan berlebihan dalam memproses adonan hingga mentega/margarine menjadi hancur tak berbentuk. Kondisi ini akan membuat adonan menjadi keras dan bantat.
  • Hindari memproses adonan dengan jemari tangan, suhu tangan yang hangat akan membuat mentega/margarine menjadi lumer.
  • Masukkan air es sedikit demi sedikit dengan sendok, sambil kepalkan adonan dengan tangan untuk membuatnya menyatu menjadi gumpalan besar. Jangan menguleni adonan. Jika adonan masih terasa kering, sulit digumpalkan maka tambahkan porsi air es.
  • Letakkan selembar plastik wrap di meja dapur, bagi adonan menjadi dua bagian. Tuangkan satu bagian adonan di permukaan plastik kemudian gumpalkan.
  • Bentuk adonan menjadi sebuah piringan dengan diameter 15 cm dan tebal sekitar 2 cm. Bungkus dengan plastik wrap. Lakukan pada bagian adonan lainnya. Simpan adonan di chiller kulkas selama 30 menit, agar adonan menjadi rileks dan mentega/margarine mengeras.

 

Adonan filling:

  • Siapkan mangkuk besar.
  • Masukkan semua bahan filling pie satu persatu kedalam mangkuk, aduk hingga rata, sisihkan.
  • Siapkan adonan kulit pie diatas meja dapur, giling hingga pipih.
  • Oleh permukaan kulit pie dengan lapisan mentega.
  • Campurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan satu sendok makan gula pasir.
  • Taburi diatas adonan kulit pie yang sudah dioles mentega hingga tertutup rata.
  • Potong berbentuk bulat adonan pie (bisa menggunakan mulut gelas), sisa adonan masih dipakai dengan mengulang cara yang sams.
  • Masukkan adonann filling, lalu tutup dengan kulit pie yang lain.
  • Pipihkan dengan menggunakan garpu agar pie tertutup dengan baik.
  • Oleskan bagian atas pie dengan menggunakan kuning telur yang sudah dikocok.
  • Panggang didalam oven bersuhu 250 derajat Celsius selama kurang lebih 20 menit.
  • Mini sweet potato pie siap disajikan.

Pasti asik banget sebagai cemilan untuk memeriahkan suasana ya gaes. Yuk mari dicobaa!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *