Italian Hot Chocolate, Thick and Creamy

DoyanMasak.com,-Ingat film Willy Wonka yang bikin ngiler itu nggak gaes?. Salah satu adegan yang paling kita inget mungkin adalah sungai berisi cokelat yang mengalir disepanjang pabrik. Hayo sudah ingat belum?

Sama seperti sungai cokelat di Film Willy Wonka and The Chocolate Factory, resep yang akan kita buat hari ini juga nggak kalah enaknya. Yup, Hot Chocolate ala Italia.

Foto: Buzzfeed

Jika kamu sering minum hot chocolate dengan tekstur yang lebih cenderung cair, itu adalah hot chocolate yang populer dinegara paman sam. Berbeda jauh dengan hot chocolate yang berasal dari Italia, teksturnya lebih kental dan super lembut, kamu bahkan bakal butuh sendok untuk minum-atau makan ya?, hot chocolate ini lho!.

Melalui catatan sejarah pada buku yang berjudul Ancient Chocolate Found in Maya “Teapot”, oleh Bijal P. Trivedi, diterbitkan oleh National Geographics Society, 17 Juli 2002 dan dari buku berjudul Chocolate: an illustrated history, oleh Morton, terbitan F. Crown Publishers, tahun 1986, diperoleh data-data bahwa pada masa peradaban tertua di Amerika sekitar tahun 1500-400 SM, biji coklat mempunyai nilai guna yang besar sehingga dapat menjadi alat tukar yang bernilai tinggi. Biji coklat merupakan hadiah mewah untuk sesaji persembahan kepada para dewa dan berbagai upacara religi lainnya. Sebagai “makanan para dewa”, membuat manusia tidak lagi ‘berjarak’ dengan cokelat.

Resep hot chocolate sendiri pertama kali dibuat oleh suku Maya di Amerika Selatan. Mereka membuat hot chocolate ini dari campuran biji cokelat yang telah ditumbuk halus, rhubarb (sejenis tumbuhan umbi-umbian), kemudian dicampur dengan air, madu, dan rempah-rempah, seperti kayu manis, cabe, dan vanilla. Dalam penyebaran biji cokelat ke daratan Meksiko, orang-orang yang tinggal di pusat dan wilayah selatan Meksiko, akhirnya jadi memiliki kebiasaan meminum hot chocolate dua kali dalam sehari selama setahun.

Pada hot chocolate nya ada gelembung busa (foam) yang masih terkenal hingga sekarang. Orang-orang Meksiko pun percaya bahwa ‘roh’ minuman ini ada pada foam nya. Gelembung-gelembung busa ini dibuat dengan alat dapur dari kayu yang disebut molinillo. Molinilli [moh-lee-NEE-oh], sejenis alat pengocok minuman cokelat ala meksiko. Resep hot chocolate ala Meksiko dibuat dari cokelat pahit bubuk, gula, kayu manis, garam, vanilla, telur, dan tambahan susu. Semakin banyak peminat hot chocolate di seluruh belahan dunia, resepnya menjadi semakin sederhana.

DoyanMasak.com berani jamin deh, mungkin ini adalah hot chocolate terbaik yang pernah kamu minum dalam hidup kamu! Dengan kekentalan yang pas, dan rasa yang nyoklat abis. Cocok banget untuk diminum dimusim hujan seperti ini gaes, sounds awesome right? Yaaaasss, tunggu apalagi eksekusi yuk!

Bahan yang dibutuhkan
• 1 sdm mentega
• 2 sdt -1 sdm tepung maizena
• 2 cup susu cair
• 4 sdm gula
• 1 cup cokelat batang yang sudah dicincang atau chocolate chips

Cara Membuat:

• Lelehkan mentega dipanci berukuran sedang diatas api kecil.
• Masukkan tepung maizena lalu aduk sampai tercampur rata dan sedikit meleleh. Kalau kamu ingin hot chocolate yang lebih kental lagi, gunakan 1 sdm tepung maizena.
• Masukkan susu dan gula, naikkan menjadi api sampai sedang secara bertahap. Tunggu mendidih. Aduk sesekali. Susu akan mulai mengental.
• Saat susu sudah mulai mengental, kecilkan api lalu tambahkan cokelat batang/chocolate chips. Aduk sampai semua cokelat meleleh.
• Sajikan selagi panas.

Ehh, kalau masih ada sisanya gimana dong?, jangan khawatir, bakal tetep enak kok biar sudah dingin karena ditaruh kulkas, berasa makan mousse cokelat gitu, cobain yaaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *