BBQ Chicken Sweet Potato, Cara Asik Makan Ubi

 

DoyanMasak.com,-Tahukah kalian kalau diluar negeri, seperti USA atau negara Eropa, sweet potato atau yang lebih akrab kita kenal sebagai ubi kuning itu termasuk superfood lho. Dan harganya pun dibandrol cukup mahal karena dianggap sebagai makanan yang sehat abis.

 

Jadi jangan kaget kalau mereka sesombongan pamerin makan Ubi kuning di feeds instagram mereka, ceritanya holang kaya.

Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” diduga berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah. Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Berdasarkan riset yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, ubi jalar merah yang berasal dari Papua mengandung senyawa beta karotena yang mampu menurunkan infeksi HIV/AIDS. Sehingga diusulkan menjadi diet utama penderita HIV/AIDS bersama bahan lain Dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, ubi jalar biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 gram porsi, atau mencapai 89% kebutuhan harian. Beta karotena termasuk salah satu senyawa pembentuk vitamin A.

Wahh, nggak nyangka ya ubi yang jarang kita lirik itu ternyata punya manfaat yang besar banget.

 

Kalau dinegara kita, ubi kuning identik sama makanan atau camilan manis yaa. Tapi diolah menjadi makanan yang bikin perut kenyang ternyata bisa banget lho gaes!.

Foto: Thecomfortofcooking

Cocok banget nih dimakan anget-anget malem-malem. Selain bikin perut nyaman, resep ini Cuma butuh 3 bahan aja gaes, lokit banget pokoknya. Sudah siaap?, yuk eksekusi!

Bahan yang dibutuhkan:
• 2 buah ubi kuning ukuran sedang
• ½ kg daging dada ayam matang suwir
• 1/3 cup saus BBQ siap pakai
• Mentega
• Keju cheddar parut (opsional)
• Sour Cream (opsional)
• Sejumput garam

Cara membuat:
• Panaskan oven sampai 427 derajat F. Baringkan ubi kuning. Panggang hingga daging ubi kuning lembut, sekitar 335 menit, tergantung ukuran ubinya.
• Panaskan wajan diatas api sedang, campurkan suwiran ayam dan saus BBQ siap pakai. Masak hingga tercampur rata, 5-10 menit.
• Setelah ubi matang, taruh sepotong kecil mentega, tunggu hingga meleleh dengan sendirinya, taburi garam sesuai selera.
• Taruh suwiran ayam BBQ diatas ubi kuning yang sudah matang. Tambahkan lagi saus BBQ sesuai selera, keju cheddar parut, sour cream dan cacahan daun parsley/daun bawang jika suka.

As simple as that!, siapa bilang ubi cuma bisa direbus atau paling banter dibuat kolak doang, buat resep ini deh, dijamin bikin nagih sama rasa uniknya, wiih enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *